Wisata Pantai Belakang Lonthoir di Banda Naira

Mengenal Keramahan Banda di Pantai Belakang Lonthoir

Sama persis seperti namanya, Pantai Belakang Lonthoir terletak tepat di belakang Negeri Administratif Lonthoir. Dari sekian banyak destinasi pantai di Banda Naira, pastikan Pantai Belakang Lonthoir masuk dalam daftar destinasi wisata pantai yang wajib kamu kunjungi. Kenapa? Cerita di balik syahdunya Pantai Belakang Lonthoir ini akan membuat siapa saja betah berlama-lama disana.

Pantai Belakang Lonthoir memiliki pasir berwarna keemasan dengan karang-karang berukuran kecil dan sedang yang tersebar di bibir pantainya. Tak hanya itu, bermacam-macam biota laut juga bisa kamu temukan di pantai ini seperti kelomang, kepiting kecil, ciput, hingga ikan-ikan kecil. Pantai ini dikelilingi tebing-tebing megah di kanan kirinya. Deretan pohon lebat tumbuh berdekatan di atas tebing-tebing yang membuat pantai ini seakan dipagari oleh semesta. Membuat pantai ini serasa terpencil dari keramaian, juga sekaligus mendamaikan siapa saja yang datang. Sama halnya dengan kebanyakan pantai-pantai lain di Banda, pantai ini terhubung langsung dengan luasnya perairan Laut Banda. Garis cakrawalanya seolah hanya seutas tali yang menahan gravitasi namun begitu tegas membelah laut dan langit.

Penduduk Kepulauan Banda memiliki tradisi berkunjung ramai-ramai bersama sanak saudara ke pantai ini pada hari ketiga dan hari keempat Idul Fitri. Bagi mereka Pantai Balakang Lonthoir dan momen Idul Fitri adalah dua hal terhubung yang telah mendarahdaging. Pada momen ini, seluruh masyarakat Kepulauan Banda akan piknik membawa bermacam makanan khas Idul Fitri dan bersilaturahmi membaur satu sama lain di pantai ini. Orang-orang Pulau Ay, Rhun, dan Nailaka pun bahkan tak ketinggalan. FYI, biasanya momen ini juga dimanfaatkan oleh para muda-mudi untuk mencari jodoh loh, buat yang sedang mencari jodoh yuuuukk kesini! Siapa tahu bisa bertemu jodoh di tengah romatisme Pantai Belakang Lonthoir.

Rute Perjalanan

Pantai ini bisa ditempuh dari dermaga Waling, dermaga Boiyauw, atau yang paling dekat adalah dermaga Lonthoir. Jika kamu datang dari dermaga Waling atau Boiyauw, kamu bisa menyewa jasa ojek untuk mengantar ke SD Negeri 2 Lonthoir dengan merogoh kocek yang tak seberapa. Jika kamu ingin sekaligus menikmati jalanan Banda Besar, berjalan kaki akan sangat menyenangkan. Waktu tempuh untuk jalan kaki dari dermaga Waling dan dermaga Boiyauw masing-masing adalah 30 menit dan 15 menit. Bertolak dari SD Negeri 2 Lonthoir, ambil jalan setapak menurun sejauh kurang lebih 700 meter dan kamu sudah berhasil menginjakkan kaki di Pantai Belakang Lonthoir.

Ojek Waling – Lonthoir               ±Rp 10.000,-

Ojek Boiyauw – Lonthoir           ±Rp 5.000,-

Penginapan & Fasilitas

Hampir semua pantai di Kepulauan Banda adalah raw beach atau jarang tersentuh dan dikomersilkan, sehingga tidak ada fasilitas apa pun di pantai ini. Penginapan terdekat adalah sebuah penginapan sederhana yang terletak di Negeri Administratif Lonthoir. Tapi tenang saja, kamu tetap bisa menjangkau pantai ini meski menginap di Pulau Naira.

Waktu Berkunjung

Musim kemarau adalah musim yang paling baik untuk mengunjungi Kepulauan Banda, jadi singgahlah ke pantai ini di bulan Agustus hingga November. Jika ingin mendapatkan suasana yang berbeda, datanglah saat hari pertama atau hari kedua Idul Fitri.(ulf/rfr)


Warning: assert(): Assertion failed in /home/involfix/public_html/bandaneira.id/wp-content/themes/toivo-lite/comments.php on line 1

Warning: assert(): Assertion failed in /home/involfix/public_html/bandaneira.id/wp-content/themes/toivo-lite/comments.php on line 1

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *